malibu-point-wisata nusa penida bali tour dan hotel
Nusa PenidaTips LiburanTransportasi

Ingin Liburan Anti Mainstream? Wisata Nusa Penida di Bali

Pantai Nusa Penida – Nusa Penida merupakan sebuah pulau yang berada di bagian tenggara pulau Bali. Nusa Penida dan pulau Bali hanya dipisahkan sebuah selat bernama Selat Badung. Nusa Penida sebenarnya terdiri dari beberapa pulau kecil seperti Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Nusa Penida memiliki kawasan pulau yang paling besar dibanding lainnya. Sementara Nusa Ceningan adalah yang paling kecil. Wisata Nusa Penida selalu menyuguhkan keindahan alam yang membuat anda terkagum-kagum.

Jika anda ingin ke tempat wisata Nusa Penida, jangan lewatkan objek wisata berikut ini untuk dikunjungi.

1. Manta Point
Bagi Anda penyuka wisata air dan petualangan di bawah laut, maka harus mencoba diving atau snorkeling di Manta Point. Kawasan di wisata Nusa Penida ini tidak hanya memberikan pemandangan bawah laut yang indah tetapi juga petualangan perjalanan yang sangat mengesankan. Sebelum mencapai tempat diving, anda harus berjalan melewati perbukitan yang sangat indah. Pengunjung bisa mencoba diving dan melihat biota laut yang sangat khas seperti hiu biru, hiu bambu, terumbu karang, dan berbagai jenis ikan lain yang sangan cantik. Namun, pengunjung disarankan menggunakan jasa pemandu yang berpengalaman karena tekanan ombak yang tidak stabil.

2. Malibu Point
Setelah menikmati Manta Point dan masih ingin berpetualang, maka anda bisa berkunjung ke Malibu Point. Salah satu kawasan menyelam di wisata Nusa Penida ini terkenal memiliki tingkat visibilitas yang sangat baik sehingga menjadi tujuan para wisatawan. Kawasan ini memiliki terumbu karang dengan jumlah lebih banyak dan hiu biru yang sangat terkenal. Dari kedalaman sekitar 40 meter dari permukaan air, penyelam bisa menikmati kawanan ikan hiu yang sudah terbiasa dengan keberadaan manusia. Tentu hal ini akan memberikan pengalaman yang sangat berbeda saat menyelam.

3. Batu Meling
Batu Meling juga bisa menjadi spot penyelaman tak kalah indah dan tidak akan terlupakan. Untuk mencapai objek wisata Nusa Penida yang satu ini bisa ditempuh menggunakan kapal selama 1 jam dari pelabuhan utama Nusa Penida. Perairan di kawasan Batu Meling sangat jernih sehingga anda bisa melihat biota laut dengan jelas. Pada bagian dalam perairannya terdapat sebuah bukit yang ditumbuhi rumput liar seperti bukit yang ada di daratan. Pada perbukitan tersebut terdapat batu yang berlubang sehingga dinamakan Batu Meling.

4. Gua Giri Putri
Gua ini memiliki bangunan pura yang di dalamnya dijadikan tempat ibadah bagi penduduk Bali. Gua ini menjadi tempat pemujaan Dewa Siwa yang dipercaya untuk memelihara dan merawat manusia. Gua ini memiliki ciri khas yang menarik berupa kelelawar, stalagmit dan stalaktit. Di dalam gua ditemukan aliran air yang dipercaya sebagai air suci. Tempat ini bisa menjadi pilihan yang menarik saat anda ke wisata Nusa Penida.

5. Pura Puncak Mundi
Pura Puncak Mundi memiliki bentuk yang sangat khas. Selain jalur masuk dengan medan yang cukup tajam dan berkelok, pura di ini termasuk salah satu pura yang paling tinggi di kawasan wisata Nusa Penida. Jika Anda datang dari pelabuhan Nusa Penida, maka membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk kesana. Pura ini menarik karena memiliki suhu yang sangat dingin dan suasana yang menyenangkan.

Kamu akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan pantai Nusa Penida yang luar biasa indah jika memilih wisata Nusa Penida. Tidak hanya bisa menikmati keindahan pemandangan laut saja, namun anda juga bisa menikmati keindahan biota laut. Bahkan anda bisa mendapat pengalaman yang berbeda dengan berenang bersama ikan hiu di Nusa Penida. Jadi tidak perlu ragu jika anda ingin merencanakan liburan ke wisata Nusa Penida.

Similar Posts