sate lilit dari nusa penida bali tour dan travel 2018
KulinerReviews

Sate Lilit Juga Ada Di Nusa Penida Bali

Pulau Nusa Penida – Kita semua sudah tahu tentang sebuah pulau yang biasa di sebut pulau dewata yaitu pulau Bali dan Bali pun tidak hanya memiliki wisata di sekitar Kuta, Ubud, Singaraja, Seminyak dan lainnya namun juga memiliki pulau-pulau cantik seperti pulau Nusa Penida dan lembongan di daerah Klungkung. Bali dengan panggilan Pulau Dewata-nya seperti mempunyai sihir sendiri untuk bikin beberapa orang hadir liburan atau akan memutuskan tinggal disana. Dari mulai pantai, pegunungan, kehidupan urban perkotaan, sampai tidak lupa makanannya.Di banding sate-sate yang bisa didapati di beberapa daerah, sate lilit Nusa Penida Bali mempunyai kekhasan sendiri. Sate yang biasanya diketemukan berbentuk potongan-potongan daging yang ditusukkan dengan satu tusuk. Sesaat, sate lilit lebih mirip gumpalan adonan yang membalut tusuk sate.

Cita perasaan masakan Nusa Penida Bali yang condong pedas rupanya dapat membuat banyak lidah ketagihan untuk menikmatinya. Seperti kita ketahui, masakan ciri khas daerah di Indonesia, makin ke timur makin kaya rempah dengan perasaan yang kuat. Beberapa masakan ciri khas Bali yang populer seperti nasi jinggo, ayam betutu, tahu bumbu bali, sampai sate lilit. Bahan basic sate lilit sendiri bermacam, dari mulai ikan, daging ayam, daging bebek, tahu, daging sapi, sampai daging babi.

Di Nusa Penida bahan basic daging itu lalu dicincang serta digabung dengan parutan kelapa, santan, serta bumbu-bumbu lainnya. Daging yang telah digabung dengan bumbu dililitkan pada serai atau tebu. Arti “lilit” dalam bahasa Indonesia bermakna membungkus — sesuai untuk cara membuat sate ini.Sesaat, daging yang umumnya jadikan bahan untuk sate lilit ialah daging ikan laut seperti tuna. Buat yang tidak suka pada daging ikan, beberapa penjual sate lilit ikut menyiapkan sate lilit yang dibikin memiliki bahan daging ayam.

Sate lilit terbuat dari daging yang dilumatkan jadi adonan. Adonan ini lantas dibumbui serta dibakar sampai keluarkan aroma harum yang ciri khas. Aroma kunyit serta serai yang menguasai jadi pemikat untuk mencicip kuliner ini. Sate lilit mempunyai bentuk yang cukuplah unik. Tidak seperti sate lainnya yang ditusukkan pada batang bambu yang ramping serta tajam, sate lilit memakai tebu atau serai dengan bentuk datar serta lebar. Permukaan yang lebih luas sangat mungkin daging cincang untuk menempel. Bahan ini memberikan cita perasaan yang ciri khas pada sate lilit. Sate lilit umumnya makin komplet diberikan bersama dengan sambal matah yang juga banyak kita dapat jika sedang kuliner di Nusa Penida Bali

Kekhasan yang lain, walau tidak disajikan bersama dengan bumbu kacang seperti sate ayam atau kambing, perasaan pedas dari bumbu-bumbu yang meresap di adonannya ditanggung membuat lidah Anda menari.Perasaan pedas dalam sate lilit datang dari kombinasi beberapa bumbu yang dicampurkan ke adonan. Bumbu-bumbu itu diantaranya terdiri bawang merah, bawang putih, serai, serta daun jeruk. Kombinasi beberapa bumbu itu membuahkan perasaan pedas, manis, serta gurih dengan sentuhan rempah yang akrab di lidah penduduk Indonesia.

Dari banyaknya kuliner ciri khas pulau Nusa Penida Bali, sate lilit adalah salah satunya andalan yang pantas untuk dicoba. Sate lilit awalannya adalah sajian ciri khas dari daerah Klungkung. Meskipun begitu, sajian ini saat ini gampang diketemukan di banyak tempat di sekitar Bali, seperti Denpasar, Badung, serta Gianyar. Oleh karena itu, sate lilit sudah jadi kuliner ciri khas dari Bali, tidak hanya babi guling serta kalelawar.

Similar Posts